EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR

  • Yunita Dian Permatasari Politeknik Indonusa Surakarta
  • Riyan Setiyanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Siti Asijah Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar
  • Reni Safira Arum Sari Politeknik Indonusa Surakarta
  • Anisa Animarsela Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: waktu tunggu, pelayanan resep, Puskesmas Jumapolo

Abstract

Pelayanan farmasi termasuk dalam salah satu jenis pelayanan kesehatan minimal yang wajib
disediakan oleh Puskesmas. Pelayanan farmasi meliputi pelaynan sediaan farmasi dan pelayanan
farmasi klinik yang didalamnya membutuhkan waktu pengerjaan, sehingga timbul waktu tunggu
pelayanan. Waktu tunggu pelayanan resep dimulai dari pasien menyerahkan resep sampai dengan
menerima obat yang disertai pemberian Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Tujuan dari
penelitian ini adalah mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pada Puskesmas Jumapolo
Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei descriptif cross sectional. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan langsung/observasi dengan menggunakan
lembar evaluasi waktu tunggu. Jumlah sampel sebanyak 292 resep yang terdiri dari 265 resep non
racikan dan 27 resep racikan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan rata-rata waktu tunggu
pelayanan resep dengan standar yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan resep non racikan selama 14,9 menit dan resep racikan selama 15,3
menit. Hal tersebut menunjukkan pelayanan resep telah sesuai dengan standar pelayanan minimal rumah
sakit pada Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor:129/Menkes/SK/II/2008 dan
standar waktu tunggu pelayanan resep untuk resep non racikan yaitu kurang dari 30 menit dan untuk
resep racikan yaitu kurang dari 60 menit.

Section
Articles