TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK MITRA SEHAT ANDA PURWANTORO

  • Annora Rizky Amalia Politeknik Indonusa Surakarta
  • Deny Balita Wulandari Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: tingkat kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, kefarmasian

Abstract

Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat apoteker melakukan praktik kefarmasian.
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan di apotek dan merupakan
satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup pasien
dan juga meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan bagian penting dari pelayanan
kefarmasian karena dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Mitra Sehat
Anda Purwantoro. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei deskriptif, yaitu
metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai
alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Kuesioner terdiri dari 18
pertanyaan yang telah dinyatakan reliabel dan valid, mengukur tingkat kepuasan pasien berdasarkan 5
dimensi yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti nyata. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pada dimensi keandalan adalah 82% (sangat puas), daya
tanggap 83,67% (sangat puas), jaminan 84,5% (sangat puas), empati 83,33% (sangat puas), dan
berwujud 82,75% (sangat puas). Dengan rata-rata semua dimensi menunjukkan nilai sebesar 83,25%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di
Apotek Mitra Sehat Anda Purwantoro sangat puas.

Published
2022-11-08
Section
Articles