ANALISIS PENGARUH CITRA APOTEK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI DI APOTEK ASTU PEDAN KLATEN)

  • Siti Ma'rufah Politeknik Indonusa Surakarta
  • Wuri Anjar Hidayah Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: apotek, pelayanan, produk, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Pembangunan suatu bangsa tidak dapat dipisahkan pokok, yaitu kebutuhan sandang, pangan,
dan papan. Kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu kebutuhan akan hiburan dan kesehatan.
Peningkatan akan kebutuhan kesehatan tidak akan bermakna apabila tidak di imbangi oleh
ketersediaan obat yang memadai dan mudah diperoleh. Apotek adalah salah satu sarana yang dapat
digunakan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Seiring banyaknya jumlah penduduk serta kesadaran
akan kebutuhan kesehatan, masyarakat mengharapkan apotek bukan hanya sekedar melayani dengan
baik dan tepat, namun juga menghadirkan produk yang lengkap dengan harga yang terjangkau.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variable kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan
harga terhadap kepuasan konsumen. Objek penelitian ini adalah apotek astu pedan klaten. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari 100 respondenyang berusia 18 tahun dan telah bertransaksi lebih dari satu
kali di Apotek Astu Pedan Klaten. Wawancara dilakukan terhadap 10 responden. Pengelolaan data
menggunakan spss versi 16, dengan uji validitas dan realibilitas, analisis deskriptif, dan uji asumsi
klasik. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel kualitas pelayanan dan variabel harga berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara variabel produk tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen Apotek Astu Pedan Klaten. Hal ini dapat dijadikan tolak ukur
kepuasan konsumen di Apotek Astu Pedan Klaten pada khususnya dan apotek lain pada umumnya.

Published
2019-06-28
Section
Articles